Tugas Menumpuk, Pikiran Suntuk


Untuk para pelajar SMP maupun SMA, kata "tugas", "ulangan", dan "PR" merupakan kata-kata yang mengerikan dan membuat stres(ini pendapat pribadi loh ya). Tugas yang terlalu banyak memang sering menimbulkan tekanan mental untuk seseorang, tapi sebenarnya hal tersebut bisa diatasi kok. Yang utama tentu saja berusaha ikhlas, meununtut ilmu karena Allah.

Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. (HR. Ibnu Majah)

Berikut tips-tips lain::
1. Langsung dikerjakan begitu diberi tugas.
2. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan. Bagi mereka yang terbiasa menunda-nunda pekerjaan, mereka akan kaget ketika deadline sudah dekat, dan mereka akan jadi kalang kabut.
3. Dikerjakan dengan enjoy, jangan dibuat pusing. Tentu saja hal ini lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan. Tapi jika kita berusaha, semuanya akan terasa mudah.
4. Jangan terlalu perfeksionis. Karena pada dasarnya di dunia ini tidak ada yang sempurna. Memang sih kita harus berusaha mengerjakan tugas kita semaksimal mungkin, tapi kan tidak harus "sempurna" juga.
5. Jangan suka menyalah-nyalahkan guru. Banyak siswa yang menyalah-nyalahkan guru yang terlalu banyak memberi tugas. Ini hanya akan menambah beban kita. pikiran kita akan tambah tertekan jika dipenuhi pikiran-pikiran negatif.
6. Jangan terlalu memaksakan diri. Di sini dibahas jika kita sudah terlalu lelah, beristirahatlah. Cari kegiatan yang membuatmu santai, misalnya sekedar berhenti sejenak untuk mengamati alam, angin, atau langit dengan awan-awannya yang unik.

Nah, itulah beberapa tips dari saya. Untuk teman-teman yang ingin menambahkan saran, silahkan tulis di kolom komentar... :)

Komentar