Fase Bulan

sumber gambar: nuraisyah-pgsdupi.blogspot.com


Fase-fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu terlihat berubah-ubah jika dilihat dari bumi. Fase-fase bulan tergantung dari kedudukan bulan. Berikut adalah fase-fasenya:

Fase 1 – New Moon (Bulan baru): Sisi bulan yang menghadap bumi tidak menerima cahaya dari matahari, maka, bulan tidak terlihat. 
Fase 2 – Waxing Crescent (Sabit Muda) : Selama fase ini, kurang dari setengah bulan yang menyala dan sebagai fase berlangsung, bagian yang menyala secara bertahap akan lebih besar. Fase 3 – First Quarter (Kuartal I): Bulan mencapai tahap ini ketika setengah dari itu terlihat. 
Fase 4 – Waxing Gibbous: Awal fase ini ditandai saat bulan adalah setengah ukuran. Sebagai fase berlangsung, bagian yang daftar akan lebih besar. Fase 5 – Full Moon (Bulam purnama): Sisi bulan yang menghadap bumi cahaya dari matahari benar-benar, maka seluruh bulan terlihat. Hal ini terjadi ketika bulan berada di sisi berlawanan dari Bumi. Fase 6 – Waning Gibbous : Selama fase ini, bagian dari bulan yang terlihat dari Bumi secara bertahap menjadi lebih kecil. Fase 7 – Third Quarter (Kuartal III): Bulan mencapai tahap ini ketika setengah dari itu terlihat. 
Fase 8 – Waning Crescent (Sabit tua): Hanya sebagian kecil dari bulan terlihat dalam fase yang secara bertahap menjadi lebih kecil. 

Komentar