Gelombang Suara Bawah Laut

sumber gambar: ichsan09.blog.uns.ac.id

Bunyi/suara merupakan gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantaranya dapat beruda gass, zat padan dan zat cair. Bunyi mempunyai cepat rambat yang terbatas, bunyi juga membutuhkan waktu untuk berpindah. Cepat rambat bunyi lebih kecil dibandingankan dengan cepat rambat cahaya.
Di dalam laut, suara merambat melalui medium air. Bunyi merambat lebih lambat jika suhu dan tekanan udara lebih rendah. Di air kecepatannya 5.200 km/jam, lebih cepat dibandingan dengan cepat rambat di udara. Jika dibandingkan dengan cepat rambat di udara, di laut kecepatannya lebih cepat 4x, hal ini diakibatkan karena partikel air laut lebih rapat dibandingkan dengan di udara yang lebih renggang.
Pada Ilmu Kelautan atau Oseanografi, menggunakan gelombang suara untuk ilmu akustik kelautan. Akustik kelautan adalah teori gelombang suara dan perambatannya dalam medium air. Akustik kelautan merupakan bagian dari instrumentasi kelautan yang digunakan untuk mendeteksi keadaan benda, biota laut maupun lapisan sedimen yang berada di dasar laut.

Komentar