Proposal Praktikum Penelitian Tempe

PEMBUATAN TEMPE MENGGUNAKAN KACANG KEDELAI, KACANG HIJAU, DAN KACANG MERAH

sumber gambar: langkahmembuattempe.blogspot.com

TUJUAN
Untuk menambah wawasan tentang bagaimana pembuatan tempe dari kacang hijau atau kacang merah dan mengetahui apa perbedaannya dengan tempe kedelai.
LANDASAN TEORI
Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atauRh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".
Selama ini, pembuatan tempe terbatas hanya menggunakan kacang kedelai saja. Padahal, masih banyak jenis kacang-kacangan lain. Salah satu contoh kacang-kacangan tersebut ialah kacang merah dan kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kacang merah juga tak kalah bermanfaat karena mengandung banyak serat, mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin B dan K yang tinggi.
VARIABEL
1.  Variabel Bebas (faktor yang dibuat bebas dan bervariasi): Kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah.
2.      Variabel Terikat (faktor yang muncul akibat adanya variabel bebas): pertumbuhan jamur pada tempe.
3.     Variabel Kontrol (faktor yang ikut berpengaruh yang dibuat sama pada setiap media percobaan dan terkendali): air, ragi tempe, tempat fermentasi.

HIPOTESIS
Tempe akan tumbuh jamurnya walaupun bahan baku tempe yaitu kedelai diganti dengan kacang hijau dan kacang merah. Jadi tempe tumbuh karena pengaruh dari ragi tempe, bukan karena pengaruh jenis kacang.
ALAT DAN BAHAN
1.      Ragi tempe.
2.      Kedelai, kacang merah, kacang hijau.
3.      Air.
4.      Baskom
5.      Saringan
6.      Dandang
7.      Tampah
8.      Kompor
CARA KERJA
(1) Siapkan kedelai, kemudian bersihkan. Setelah itu rebus hingga setengah matang;
(2) Setelah kedelai direbus, lalu  giling kedelai, agar kedelai  terpisah  dengan  kulit  arinya.  Setelah  itu,  remas-remas  kedelai  hingga keset  dan  kemudian  bersihkan  kedelai  dengan  air  bersih;
(3)  Selanjutnya rendam  kedelai sebelum direbus kembali.
(4) Setelah kedelai direndam kemudian rebus selama 1 jam. Lalu dinginkan kedelai sebelum  diragikan; 
(5)  Setelah  kedelai  benar-benar  dingin,  selanjutnya  taburi kedelai dengan ragi, aduk hingga rata.
(6) Lakukan proses pembuatan di atas, kedelai diganti dengan kacang-kacangan lain.
 (6) Masukkan  kedelai yang telah diragi kedalam plastik  yang  terdapat  ditempat  cetakan.  Tutup  plastik  tersebut, beri lubang-lubang kecil pada plastik untuk sirkulasi udara.  Diamkan hingga 48 jam.

TABEL PENELITIAN
HARI KE
KEADAAN TEMPE
Kedelai
Kacang Hijau
Kacang Merah
1



2



3



4



5



Komentar